Tag

, ,

7 Manfaat & Khasiat Gambas (Oyong) untuk Pengobatan

Gambas dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Tanaman ini dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Dalam setiap 100 gram, oyong mengandung 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A dan 7 mg vitamin C.

Gambas atau oyong (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) dapat menyembuhkan beberapa penyakit  antara lain radang usus, asma hingga menambah volume air susu ibu (ASI).

Berikut ini 7 manfaat oyong untuk pengobatan dan kesehatan:

1. Radang Usus
Ambil oyong yang sudah tua secukupnya. Potonglah oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh air panas setengah gelas dan minumlah 1-2 kali sehari.

2. Obat Asma
 
Ambil oyong muda beserta tangkainya dan buatlah jus. Minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.

3. Radang Tenggorokan
untuk radang tenggorokan, konsumsi satu buah oyong muda dalam bentuk jus dan tambahkan ke dalamnya gula batu atau gula pasir. Minumlah 2-3 kali sehari secara teratur.

4. Penambah ASI
Oyong juga berkhasiat menambah volume Air Susu Ibu.

Caranya, buah oyong dan bijinya dipanggang, lalu ditumbuk halus. Seduhlah setiap 6 gram bubuk oyong dengan setengah gelas air panas, minumlah 1-2 kali sehari.

5. Obaat Cacingan
Untuk anak-anak yang menderita cacingan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi biji oyong hitam 30 gram sedangkan untuk dewasa 40-50 gram. Oyong ditumbuk halus, seduhlah bubuk biji oyong itu dengan air panas secukupnya, minumlah sehari sekali.

6. Radang Kelenjar Telinga
Penderita radang kelenjar telinga juga bisa memanfaatkan oyong sebagai obat alternatif. Caranya, Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan campurkan dengan daun sambiloto sebanyak 50 buah. rebuslah kedua bahan itu dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali sehari.

7. Memperlancar Peredaran Darah
Untuk melancarkan peredaran darah, ambil oyong 205 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Salam sehat, semoga bermanfaat!

Sumber http://ift.tt/1Dgq8JN
via Berita Kesehatan Indonesia