Tag

, ,

Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa. Nah berikut ini kandungan dan manfaat rebung bagi kesehatan, dilansir organicfacts.net




1. Rebung Rendah gula
Rebung mengandung sekitar 2,5 gram per 100 gram kandungan gula didalamnya. Dan jumlah tersebut lebih rendah daripada kandungan gula dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Rebung Sumber Protein
Terdapat 2,5 gram protein dalam 100 gram rebung. Protein tersebut terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Rebung Kaya vitamin dan mineral
Rebung kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Sedangkan mineral yang terkandung didalamnya adalah kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Rebung Kaya serat
Selain itu rebung juga kaya akan kandungan serat. Terdapat sekitar 6-8 gram serat pada rebung dalam 100 gram.

5. Rebung Berguna Menambah nafsu makanan
Rebung dapat menambah nafsu makan Anda, karena terdapat kandungan selulosa.

6. Mengontrol kolesterol
Dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh Washington State University mengatakan bahwa rebung memiliki efek baik dan menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Rebung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena rebung memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral.

8. Menurunkan tekanan darah
Rebung mengandung banyak kalium dan juga bertindak sebagai elektrolit. Sehingga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Sumber http://ift.tt/1Mz0SqY
via Berita Kesehatan Indonesia